PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD) UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA DI KELAS V SDN 200209 PADANG SIDEMPUAN

  • Nurliati Ritonga SD Negeri 200209 Padang Sidempuan
Keywords: STAD, Hasil Belajar, Panas dan Perpindahannya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD dapat meningkatkan pembelajaran pada tema Panas dan Perpindahannya siswa kelas V siswa SD Negeri 200209 Padang Sidempuan Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitia yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini berupaya memaparkan penggunaan model pembelajaran tipe STAD melalui proses belajar mengajar dalam pelajaran IPA kelas V SD Negeri 200209 Padang Sidempuan. Subjek penelitian dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 200209 Padang Sidempuan Tahun Ajaran 2020/2021 dengan jumlah 20 orang. penempatan ini berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan. Objek penelitian yaitu: Penggunaan Model pembelajaran tipe STAD. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan model STAD dapat meningkatkan motivasi terhadap aktivitas belajar siswa, Selain itu juga dapat meningkatkan pemahaman serta perolehan pengetahuan khususnya bagi kelompok berkemampuan sedang dan kurang. Dengan penentuan anggota kelompok belajar kooperatif yang tepat dapat meningkatkan kinerja kelompok, sehingga akan menguntungkan seluruh anggota kelompok. Serta penerapan pendekatan belajar kooperatif model STAD dapat meningkat hasil belajar dan interaksi antar siswa.

Author Biography

Nurliati Ritonga, SD Negeri 200209 Padang Sidempuan

Guru Kelas di SD Negeri 200209 Padang Sidempuan

Published
2022-05-31
Section
Articles