PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP RESUME UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA TEMA “PERSATUAN DAN PERBEDAAN” KELAS VI SD NEGERI 200209 PADANG SIDEMPUAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Rosmida Lubis SD Negeri 200209 Padang Sidempuan
Keywords: strategi pembelajaran Groub Resume, Motivasi Belajar, Persatuan dan Perbedaan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan strategi pembelajaran  Groub Resume untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas Subjek penelitian dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 200209 Padang Sidempuan Tahun Pelajaran  2021/2022 dengan jumlah 22 orang. penempatan ini berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran group resume motivasi belajar siswa kelas IV SDN 200209 Padangsidimpuan meningkat khususnya pada tema persatuan dan perbedaan. Dengan menggunakan metode pembelajaran  group Resume, siswa akan lebih mudah melihat dan mengaplikasikannya dalam kehidupan yang nyata bukan hanya membayangkan tetapi dia juga melakukan secara sendiri. Hasil pada siklus I menunjukkan adanya suatu kemajuan. Jika dilihat aktivitas siswa, terlihat sekali siswa sangat menikmati pembelajaran . Dari data statistik perolehan nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 77,5. Pada siklus II, siswa lebih ditekankan untuk memahami materi dengan menggunakan model pembelajaran  group Resume. Hasilnya sangat mengesankan, dimana siswa terus memacu dirinya untuk bisa memahami materi. Hal inilah yang diinginkan dari sebuah pembelajaran , siswa dirangsang untuk aktif mempelajari, sedangkan guru mendampingi sambil mengontrol jalannya pembelajaran  di kelas. Pada siklus II ini terjadi peningkatan hasil belajar siswa, nilai rata-ratanya naik menjadi 87,95, sehingga dapat disimpulkan bahwa pada siklus II ini merupakan siklus yang terakhir digunakan dalam penelitian ini dan tidak perlu dilakukan perbaikan lagi.

Author Biography

Rosmida Lubis, SD Negeri 200209 Padang Sidempuan

Guru di SD Negeri 200209 Padang Sidempuan

Published
2022-05-31
Section
Articles