UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA N 6 PADANG SIDEMPUAN MELALUI PELAKSANAAN TEAM TEACHING

  • Henni Yuniarti SMA Negeri 6 Padang Sidempuan
Keywords: motivasi, matematika, team teaching.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas X IA SMA Negeri 6 Padang Sidempuan melalui pembelajaran team teaching dan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas X IA SMA Negeri 6 Padang Sidempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X IA yang berjumlah 32 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi, paparan data dan penyimpulan. Juga dilakukan analisis data deskriptif untuk data hasil observasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan team teaching agar dapat meningkatkan motivasi belajar matematika yaitu guru kelas X IA sebagai guru 1 dan peneliti sebagai guru 2 melaksanakan tahap perencanaan yang meliputi: (1) Menyususun RPP dengan menetapkan metode pembelajaran kooperatif tipe belajar bersama (learning together). (2) Pembagian peran dan tanggung jawab guru anggota team teaching serta pembagian pos-pos pengawasan di dalam kelas. (3) Menyusun teaching material yang berisi materi, LKS, latihan soal dan penugasan terstruktur. (4) Menyiapkan media dan perangkat pembelajaran. Kemuadian pada tahap pelaksanaan meliputi: (1) Memeriksa kesiapan siswa dengan cara membahas tugas terstruktur, pemberian apersepsi dan motivasi. (2) Salah satu guru menyampaikan pengarahan umum sedang guru yang lain melakukan tindak lanjut dan memonitor perilaku dan kemajuan siswa. (3) Siswa bergabung dengan kelompoknya yang terdiri dari 4 siswa. (4) Siswa berdiskusi dalam kelompoknya mengerjakan LKS dan latihan soal pada teaching material sedangkan guru 1 dan guru 2 menempatkan diri pada pos-pos pengawasan membimbing jalannya diskusi. (5) Perwakilan kelompok siswa mempresentasikan hasil diskusi. (6) Menyimpulkan materi, diberikan tugas terstruktur dan pesan mempelajari materi pertemuan berikutnya. Selanjutnya pada tahap refleksi yaitu seusai proses pembelajaran di kelas, guru 1 dan guru 2 berdiskusi mengenai pelaksanaan pembelajaran agar diperoleh berbagai rumusan perbaikan yang tepat untuk pembelajaran berikutnya. Dari hasil observasi keterlaksanaan team teaching, pada siklus I mencapai 90,48% dan 100% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan besarnya rata-rata persentase dalam angket motivasi belajar siswa, yakni secara keseluruhan pada siklus I sebesar 74,41% dengan kategori sedang menjadi 87,28% dengan kategori tinggi pada siklus II.

Author Biography

Henni Yuniarti, SMA Negeri 6 Padang Sidempuan

Guru Matematika

Published
2019-04-09