PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN ENERGI DI SD SWASTA IT ADZKIA I

  • Alfiyandri Universitas Adzakia
Keywords: media pembelajaran, inovasi, hasil belajar, perubahan energi

Abstract

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, pendidik dituntut untuk terus berinovasi dalam  memfasilitasi pembelajaran dengan berbagai media pembelajaran yang memudahkan para siswa untuk belajar.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi powtoon terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan energi di SD Swasta Islam Terpadu Adzkia I. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen quasi desain dua grup di SD Swasta Islam Terpadu Adzkia I. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B SD Swasta Islam Terpadu Adzkia I yang terdiri dari 60 siswa. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi powtoon terhadap hasil belajar pada materi perubahan energi. Hal ini terlihat dari nilai N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 0,60 (sedang), sedangkan kelompok kelas control mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,22 (rendah). Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 76,67% sedangkan pada kelompok kelas control sebesar 43,33%. Serta hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung (3,655) > ttabel (2,003). Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran video animasi powtoon memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi perubahan energi di SD Swasta Islam Terpadu Adzkia I. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai penggunaan media pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. 

Author Biography

Alfiyandri, Universitas Adzakia

Dosen di Program Studi PGSD, Universitas Adzkia

Published
2022-03-28
Section
Articles