STRATEGI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN

  • Parlindungan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: strategi belajar, pembelajaran daring, Strategy Inventory for Language Learning (SILL)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris daring yang digunakan oleh siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 2 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berada pada semester genap. Data dikumpulkan melalui kuesioner Strategy Inventory for Language Learning (SILL) versi 7.0 dan wawancara sebagai instrumen penelitian. Hasil analisis data kuisioner menunjukkan bahwa siswa menggunakan semua strategi pembelajaran dengan hasil  strategi memori (16,93%), strategi kognitif 16,28%), strategi kompensasi (15,94%), metakognitif strategi (17,50%), strategi afektif (16,57%), strategi sosial (16,77%). Diantara strategi-strategi tersebut, strategi metakognitif adalah strategi yang paling sering digunakan siswa dalam pembelajaran dimana strategi metakognitif menjadi persentase tertinggi dengan persentase 17,50% dan skor total terbesar dengan skor rata-rata 3,55. Sedangkan berdasarkan data wawancara hampir semua siswa menjawab bahwa mereka menggunakan semua strategi pembelajaran bahasa dan untuk yang paling sering digunakan adalah strategi metakognitif. Selain itu, siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 2 Padangsidimpuan menggunakan strategi metakognitif seperti merencanakan pelajaran, membagi waktu istirahat, dan mengevaluasi hasil belajar dalam proses pembelajaran bahasa Inggris daring.

Author Biography

Parlindungan , Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2022-01-30
Section
Articles