UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI OPEN ENDED DIKELAS VIII SMP NEGERI 2 BATANG TORU

  • Robiyatul Adawiyah Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: kemampuan berpikir kreatif, strategi open ended

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Toru. Metode penelitian yang digunakan adalah Classroom Action Research (CAR) atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di VIII SMP Negeri 2 Batang Toru. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII Tahun Pelajaran 2020/2021, yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, yang terdiri dari lembar observassi aktvitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi kemampan berpikir kreatif siswa. Validasi lembar observasi ditentukan melalui Judgement Ahli. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses kegiatan belajar mengajar pada siklus I belum seluruhnya sesuai dengan langkah-langkah strategi open-ended sedangkan pada siklus II seluruh pembelajaran sudah sesuai dengan langkah-langkah strategi open-ended dan menunjukkan kategori baik. Hasil observasi keterampilan berpikir kreatif siswa pada siklus I terdapat 5 indikator berpikir kreatif siswa yang mendapatkan nilai cukup. Pada siklus II indikator kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan kategori baik. Dengan hasil penilaian tersebut maka disimpulkan bahwa penerapan strategi open-ended mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 2 Batang Toru.

Author Biography

Robiyatul Adawiyah, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2022-01-30
Section
Articles