PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN ELASTISITAS DI KELAS XI MIA-2 SMA NEGERI 3 SIBOLGA TAHUN AJARAN 2021-2022
Abstract
Saat ini, pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan atau online) atau pembelajaran jarak jauh karena pandemic Covid-19. Pembelajaran daring yang dilakukan selama pandemic Covid-19 sangat banyak memiliki kendala. Guru dan siswa masih bayak yang belum mampu menggunakan media-media pembelajaran secara daring. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap partisipasi dan hasil belajar siswa-siswi dalam mempelajari mata pelajaran fisika pokok bahasan elastisitas, siswa kelas XI MIA-2 SMA Negeri 3 Sibolga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan partisipasi siswa dengan dibuktikan jumlah siswa yang aktif dalam pembelajaran berangsur-angsur naik dan pada siklus II jumlah tersebut telah memenuhi target yang telah ditetapkan meskipun pada awal siklus partisipasi siswa masih jauh dari target bahkan tidak ada partisipan sama sekali. Perhatian guru tidak hanya berpusat pada siswa yang aktif saja, tetapi seluruh siswa mendapat kesempatan yang sama. Selain itu, perlu adanya praktik langsung sehingga siswa dapat memahami maksud dan tujuan pembelajaran. Terdapat perbedaan prestasi belajar antara Siklus I dan Siklus II, dimana Siklus I dan siklus II lebih baik. Hasil belajar siswa mencapai indikator keberhasilan dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 81%. Diperlukan kesabaran dan ketelitian guru dalam proses belajar mengajar pada masa pandemi seperti ini.