PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KIMIA POKOK BAHASAN ASAM DAN BASA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) PADA SISWA KELAS XII IPA-2 SMA NEGERI 3 TAHUN PELAJARAN 2019-2020

  • Orlida Orlida SMA Negeri 3 Sibolga
Keywords: Prestasi Belajar, Kimia, Metode Pembelajaran Kooperatif Model TGT

Abstract

Tujuan pendidikan nasional dapat dicapai dari tempat yang berperan sangat penting dalam bidang pendidikan, yaitu sekolah. Pembelajaran kimia tidak hanya mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model TGT pada siswa kelas XII IPA-2 SMA 3 Tahun Pelajaran 2019 /2020 dan mengetahui pengaruh motivasi  belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model TGT pada siswa kelas XII IPA 2 Tahun Pelajaran 2019 /2020.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Tempat penelitian dalam melakukan penelitian untuk memperoleh data yang diinginkan adalah kelas XII IPA-2 SMA Negeri 3 Sibolga. Waktu penelitian adalah waktu yang digunakan untuk  penelitian yaitu dari proses persiapan  sampai dengan penyusunan laporan penelitian dilaksanakan pada Januari 2020-Maret 2020 semester 2019-2020 tahun pelajaran 2019-2020. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran dengan kooperatif model TGT memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (65,625%siklus II (78,125%), siklus III (87,5%). Penerapan metode pembelajaran kooperatif model TGT mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil wawancara dengan beberapa siswa, rata-rata jawaban menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode pembelajaran kooperatif model TGT sehingga mereka menjadi termotivasi  untuk belajar.

Author Biography

Orlida Orlida, SMA Negeri 3 Sibolga

Guru Kimia di SMA Negeri 3 Sibolga

Published
2020-03-31