UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA POKOK BAHASAN SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN DI KELAS XI IPS-1 SMA NEGERI 3 SIBOLGA TAHUN AJARAN 2019/2020

  • Rosna Siregar SMA Negeri 3 Sibolga
Keywords: Hasil Belajar, Kooperatif , Tipe Think Pair Share

Abstract

Melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar ekonomi/ akuntansi pada pokok bahasan siklus akuntansi perusahaan di kelas XI IPS-1 SMA Negeri 3 Sibolga semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom actionresearch) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 3 Sibolga sedangkan objek penelitian adalah penerapan pembelajaran kooperatif learning kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan materi Siklus akuntansi perusahaan Data diperoleh melalui observasi, wawancara, penyebaran angket, kajian dokumen, dan tes evaluasi kognitif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi/ akuntansi pada kelas XI IPS-1 SMA Negeri 3 Sibolga  Tahun Pelajaran 2017/2018. Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TPS meningkat sebanyak 16%. Hasil tersebut ditunjukkan pada siklus 1 sebesar 61% (22 siswa) dan pada siklus 2 sebesar 77% (28 siswa).  dalam diskusi berpasangan/ kelompok meningkat sebanyak 20%. Hasil tersebut ditunjukkan pada siklus 1 sebesar 61% (22 siswa) dan pada siklus 2 sebesar 81% (29 siswa) untuk ketuntasan hasil belajar meningkat sebesar 31 %. Hasil tersebut ditunjukkan pada siklus 1 sebesar 68% (23 siswa) dan pada siklus 2 sebesar 94 % (34 siswa).

Author Biography

Rosna Siregar, SMA Negeri 3 Sibolga

Guru Ekonomi di SMA Negeri 3 Sibolga

Published
2020-04-13