UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING PADA TEMA INDAHNYA NEGERIKU DI KELAS IV SD NEGERI 200217 PADANGSIDIMPUAN

  • ELMI SYERIDUNI SD Negeri 200217 Padangsidimpuan
Keywords: Berfikir Kritis, Diskusi, CTL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Tentang Tema Indahnya Negeriku Di Kelas IV SD Negeri 200217 Padangsidimpuan Melalui Pendekatan CTL. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 200217  Padangsimpuan, tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (ClassroomAction Research) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan kegiatan yaitu: 1) Perencanaan (planning). 2) Pelaksanaan tindakan (acting). 3)Pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Dengan tehnik analisis deskriptif kualitatif kuantitatif, Penelitian Tindakan Kelas ini dipilih sebagai upaya menumbuhkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran di kelas dengan fokus menerapkan metode Diskusi. Peningkatan kemampuan berfikir kritis melalui penerapan metode diskusi dengan pendekatan kontekstual (CTL) dalam pembelajaran Tematik Kelas IV tema Indahnya Negeriku semester 2 tahun pelajaran 2019/2020 SD Negeri 200217 Padangsidimpuan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan semakin meningkatnya ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I yang tuntas belajar sebanyak 14 siswa (70%), dan pada siklus II sebanyak 16 siswa (80%). Disamping ketuntasan belajar juga diperkuat dengan nilai rata-rata hasil tes yang meningkat darai siklus I 81,25 pada siklus II meningkat menjadi 84. Walaupun belum tuntas 100% namun bisa dikatakan pelaksanaan tindakan ini berhasil.

 

Author Biography

ELMI SYERIDUNI, SD Negeri 200217 Padangsidimpuan

 Guru di SD Negeri 200217 Padangsidimpuan, Dinas Pendidikan dan Kebuadayaan Kota Padangsidimpuan

Published
2020-04-20