THE USING OF LANGUAGE EXPERIENCE APPROACH (LEA) IN IMPROVING THE STUDENTS’ READING SKILLS

A Classroom Action Research at SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan

  • Parlindungan Parlindungan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Pendekatan Pengalaman Bahasa, kemampuan membaca

Abstract

Penelitian ini dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui apakah penggunaan pendekatan pengalaman bahasa (LEA) signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa pada kelas XI SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan atau tidak. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sampel penelitian. Jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Pendekatan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai instrumen pengumpulan data, peneliti menggunakan kuesioner untuk variabel X dan uji untuk variabel Y. Setelah mengumpulkan data yang dibutuhkan, langkah selanjutnya yang dilakukan oleh peneliti menghitung nilai rata-rata kemampuan membaca siswa dalam setiap siklus dengan menggunakan rumus Anas Sudijono. Kemudian peneliti menghitung persentase siswa yang telah lulus kriteria kelengkapan minimal (KKM) kemudian mengidentifikasi peningkatan nilai keterampilan membaca siswa sebelum dan sesudah menggunakan Language Experience Approach (LEA). Langkah selanjutnya adalah menguji hipotesis dengan menggunakan analisis statitikal dalam hal ini Koefisien Korelasi Momentum Waktu Pearson (rXY). Hasil data menunjukkan bahwa rata-rata skor kemampuan membaca siswa sebelum diajar dengan menggunakan Languange Experience Approach (LEA) berada pada kategori rendah (67,83). Setelah menggunakan Pendekatan Pengalaman Bahasa (LEA), kemampuan membaca siswa meningkat menjadi kategori yang mampu. Hal itu bisa dilihat dari skor rata-rata siswa, yaitu 74,16 dan 80,83. Jumlah siswa yang telah lulus kriteria kelengkapan minimal (KKM) pada akhir siklus adalah 86,67%, artinya Pendekatan Pengalaman Bahasa (LEA) bagus untuk diterapkan dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa. Melalui analisis data yang terkumpul, diperoleh nilai korelasi antara variabel (rXY) yaitu 0,77. Dengan mengkonsultasikan nilai pada tabel interpretasi yang diberikan sebelumnya, diketahui bahwa nilainya dapat dikategorikan ke dalam kategori korelasi tinggi. Artinya penggunaan pendekatan pengalaman bahasa (LEA) signifikan dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa pada kelas XI SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan, dan hipotesis utama penelitian ini diterima.

Author Biography

Parlindungan Parlindungan, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

English Study Program, Faculty Teacher Training And Education

Published
2017-05-02
Section
Articles