PENGARUH RELATIONSHIP QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA BENGKEL REZA MOTOR PANYABUNGAN

  • Silviana Batubara Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: relationship quality, loyalitas

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai penulis dalam melakukan penelitian  ini berdasarkan latar belakang masalah dan perumusan masalah yang ada adalah untuk mengetahui pengaruh Relationship Quality terhadap loyalitas pelanggan pada Bengkel Reza Motor Panyabungan. Variabel penelitian yang akan diteliti, yaitu relationship quality sebagai variabel bebas (X) dan terhadap loyalitas pelanggan sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan metode kuantitatif akan diperoleh signifikansi perbedaan kelompok atau signifikansi hubungan antar variabel yang diteliti. Pada umumnya, penelitian kuantitatif merupakan penelitian sampel besar. Peneliti memilih pelanggan yang pernah memakai/menggunakan jasa bengkel Reza Motor di Panyabungan yang berjumlah sebanyak 30 orang/pelanggan. Oleh karena itu maka dilakukan pengambilan sampel untuk penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara (interview), angket (kuesioner), dan observasi (pengamatan). Dari hasil perhitungan koefisien korelasi product moment, diperoleh nilai korelasi sebesar 0,830 sedangkan nilai korelasi dalam tabel korelasi (dilampirkan) untuk N = 30 dan taraf signifikan 5% diperoleh nilai sebesar 0,374, yang berarti nilai rhitung yaitu 0,830 lebih besar dari nilai rtabel korelasi yaitu 0,374. Dengan demikian berarti hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini dapat diterima kebenarannya sebab nilai rhitung > dari nilai rtabel atau 0,830 > 0,374. Berdasarkan hasil analisa perhitungan uji t, maka diperoleh nilai thitung adalah 7,784 sedangkan nilai ttabel adalah 1,701 dimana taraf signifikan 0,05 dan dk=n-2, 30-2=28 yaitu ttabel = 0,05. (28)= 1,701. Jadi nilai thitung lebih besar daripada ttabel atau 7,784 > 1,701. Dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 68,39%. Besarnya variabel loyalitas pelanggan dijelaskan oleh variabel relationship quality adalah sebesar 68,39%, sedangkan 31,61% sisa lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Author Biography

Silviana Batubara, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi

Published
2019-07-20
Section
Articles