PENGARUH ETIKA DAN PENDIDIKAN CUSTOMERS SERVICE TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN PT. PEGADAIAN CABANG PADANGSIDIMPUAN

  • Silviana Batubara Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Diana Sari Harahap Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: etika, pendidikan, customer sevice, kepuasan pelayanan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh etika dan pendidikan customers service terhadap kepuasan pelayanan pada PT Pegadaian Cabang Padangsidimpuan. Dalam penelitian ini, variabel yang dibahas adalah pengaruh etika dan pendidikan costumer service terhadap kepuasan nasabah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini terdapat 15 item indikator. Maka jumlah sampel 5 x 15 yaitu sebanyak 75 sampel. Data utama penelitian ini diperoleh melalui penelitian lapangan, peneliti memperoleh data langsung dari pihak pertama, yaitu dengan memberikan kuisioner kepada konsumen PT Pegadaian Cabang Padangsidimpuan. Kuesioner yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan Skala likert.  Uji F digunakan untuk mengetahui variabel bebas secara bersama-sama mempunyai berpengaruh secara signifikan terhadap variabel terikat. Atau untuk mengetahui apakah model regresi dapat digunakan untuk memprediksi variabel terikat atau tidak. Tingkat signifikansi pada penelitian ini menggunakan = 5% atau 0,05. Dari hasil uji F diperoleh nilai Fhitung > nilai Ftabel (60,608 > 2,730) dengan signifikansi sebesar 0,000. < 0,05, sehingga hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara etika dan pendidikan customer service terhadap kepuasan pelayanan PT Pegadaian Cabang Padangsidimpuan” dapat diterima. Besarnya pengaruh variabel etika costumer services dan pendidikan customer service terhadap kepuasan pelayanan PT Pegadaian Cabang Padangsidimpuan adalah 61,7%, sedangkan sisanya sebesar 38,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Author Biographies

Silviana Batubara, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi

Diana Sari Harahap, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi

Published
2017-07-19
Section
Articles