PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 HUTARAJA TINGGI

  • Fauziah Nasution Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Peningkatan keterampilan menulis deskripsi, media audio visual.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan keterampilan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Hutaraja Tinggi dalam menulis karangan deskripsi menggunakan media audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (classroom Action Research). Pengumpulan data dilakukan dengan metode pengamatan, catatan lapangan, tes, wawancara, foto dan angket siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Satu siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas pada siswa kelas VII dengan jumlah 54 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis karangan dekripsi dengan media audio visual siswa meningkat. Hal itu terlihat dari meningkatnya nilai rata-rata siswa, yaitu dari 60,37 pada tahap pratindakan menjadi 72,31 pada siklus I dan 78,52 pada siklus II. Tahap pratindakan siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 2 siswa atau 22,22%. Pada siklus I terdapat siswa yang yang mencapai nilai KKM sebanyak 38 siswa atau 70,37%. Pada siklus II sebanyak 49 siswa atau 90,74% sudah mencapai nilai KKM (70). Peningkatan juga terjadi terhadap antusiasme dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, tanggung jawab, dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

Author Biography

Fauziah Nasution, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2018-01-08