UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA MATA PELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN

  • Rosina Harahap Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: hasil belajar, lingkungan sekolah sebagi sumber belajar, norma

Abstract

Pemilihan metode pembelajaran yang tepat diperlukan dalam pembelajaran materi norma agar materi mudah dipahami siswa dan hasil belajar meningkat.Berdasarkan hasil observasi awal pada pembelajaran PKn di kelas VII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan, dalam menyampaikan materi pembelajaran, guru cenderung mendominasi dengan metode ceramah sehingga siswa pasif dalam pembelajaran. Siswa memerlukan variasi metode pembelajaran agar tidak bosan dan menerima materi pembelajaran dengan maksimal sehingga hasil belajar optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Padangsidimpuan dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar materi norma.  Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 9 Padangsidimpuan kelas VII semester genap tahun ajaran2016/2017. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pembelajaran dilaksanakan dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar materi norma pada siswa kelas VIISMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-5 yang diambil dengan pertimbangan hasil belajarnya lebih rendah dibandingkan kelas lainnya, diperkuat dengan rata-rata hasil belajar yaitu 60,45 dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sebesar ≥65 belum tercapai.  Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I hasil belajar aspek kognitif mencapai nilai rata-ratanya sebesar 71 dengan persentase ketuntasan klasikal 72%, pada siklus II nilai rata-ratanya meningkat menjadi 77 dengan persentase ketuntasan klasikal 78% dan pada siklus III nilai rata-rata mencapai 81 dengan persentase ketuntasan klasikal 89%. Hasil belajar siswa aspek afektif pada siklus I sebesar 72%, pada siklus II meningkat menjadi 81% dan pada siklus III mencapai 89%. Hasil belajar siswa aspek psikomotorik pada siklus I sebesar 69%, pada siklus II meningkat menjadi 83% dan pada siklus III mencapai 86%. Melalui pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar, memberi kesempatan siswa untuk melakukan berbagai proses pembelajaran, berinteraksi dengan obyek nyata sehingga siswa mampu membangun pengetahuan sendiri dan hasil belajar meningkat.  Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar pada materi norma dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-5 SMP Negeri 9 Padangsidimpuan.

Author Biography

Rosina Harahap, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2017-02-28