PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

  • Rosina Harahap Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Model Pembelajaran Example non Example, Motivasi Belajar, Pendidikan Kewarganegaran

Abstract

Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui cara yang dilakukan Guru PKn dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran example non example.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan garis besarnya melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.  Hasil yang penelitian yang harapkan dari proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajran example non example adalah adanya proses peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn, yaitu jika secara klasikal siswa memiliki motivasi belajar yang berkategori 80% dari seluruh jumlah siswa kelas VII-B yang dijadikan sebagi sampel penelitian ini yaitu berjumlah 30 siswa. Dengan adanya peningkatan-peningkatan motivasi belajar selama penelitian dapat dijabarkan dan dilihat yaitu dari peningkatan jumlah siswa yang memiliki kriteria B (baik) dan sangat Baik (SB) pada setiap siklusnya yaitu: pada pra siklus hanya 10 ( 20 % ) siswa, kemudian pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 15 (46,87 %) siswa, kemudian meningkat signifikan pada siklus II menjadi 28 (87,5 %) siswa. Berdasarkan target yang ditetapkan peneliti, maka penelitian ini dianggap berhasil karena sudah mencapai terget penelitian hingga dihentikan pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan metode pembelajaran example non example maka, motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan terhadap mata pelajaran PKn disekolah dapat meningkat menjadi lebih baik.

Author Biography

Rosina Harahap, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Published
2018-04-27
Section
Articles