PENGGUNAAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN

  • Dharma Gyta Sari Harahap Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Peta Konsep, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi pembelajaran peta konsep sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa sehingga terjadi penguasaan konsep siswa. Peta konsep didasarkan pada pembelajaran bermakna. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 30 siswa SMAS Kampus Padangsidimpuan tahun ajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama menggunakan sub konsep jaringan tumbuhan dan siklus kedua menggunakan sub konsep organ tumbuhan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan rubrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan peta konsep sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa sehingga terjadi peningkatan penguasaan konsep siswa pada siklus I dan II. Pada siklus I terjadi peningkatan pemahaman konsep sebesar 35,7%. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan pemahaman konsep sebesar 41,85% .  Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan peta konsep dapat mengurangi miskonsepsi siswa pada konsep jaringan tumbuhan.

Author Biography

Dharma Gyta Sari Harahap, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2019-04-28