PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013

Penelitiaan Tindakan Kelas di SMA Swasta Kampus Padangsidimpuan

  • Dharma Gyta Sari Harahap Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Kurikulum 2013, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  “Apakah Penggunaan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan ?”. Penelitian ini dilaksanakan di SMAS Kampus Padangsidimpuan tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 26 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes soal yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal dan nontes berupa lembar observasi aktivitas siswa aspek afektif dan psikomotor.  Pada siklus II, peningkatan hasil belajar mencapai 42,5% dengan skor rata-rata hasil belajar siswa mencapai 78 dan seluruh siswa mencapai skor posttest di atas nilai KKM (70). Peningkatan hasil belajar pada siklus II ini sudah sesuai dengan target peningkatan hasil belajar yang diharapkan.  Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan saintifik kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa pada konsep interaksi makhluk hidup dengan lingkungan.

Author Biography

Dharma Gyta Sari Harahap, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2018-09-26