USING PRE-READING ACTIVITY TO IMPROVE THE STUDENTS’ COMPREHENSION IN READING

  • Tinur Rahmawati Harahap Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Aktivitas Sebelum Membaca, Pemahaman Membaca

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah aktivitas sebelum membaca  dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan atau tidak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan sampel penelitian acak. Jumlah sampel adalah 72 siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penulis berkolaborasi dengan Guru Bahasa Inggris di kelas. PTK yang digunakan berdasarkan desain dari Kurt Lewin. Penulis melaksanakan dua siklus yang mana disetiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui analisis data lapangan dan hasil wawancara. Kemudian data kuantitatif diperoleh dari hasil skor pre tes dan pos tes, lembar observasi dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata skor pos tes adalah 82.71. Sehingga dapat dikatakan siswa menunjukkan kemampuan terbaik mereka. Mereka memperoleh peningkatan yang baik setiap siklus. Persentase nilai rata-rata peningkatan antara pre tes dan pos tes 2 adalh 35.65 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan aktivitas sebelum membaca sebagai metode mengajar untuk meningkatkan pemahaman membaca efektif. Dari persentase, dapat disimpulkan bahwa PTK berhasil karena persentase rata-rataskor pos tes2  siswa dapat melewati kriteria kesuksesan PTK, 30 %. Jadi, siklus PTK selesasi. Artinya,”Ada peningkatan yang signifikan dari pemahaman membaca siswa setelah mereka diajarkan menggunakan aktifitas sebelum membaca”, jadi hipotesis penelitian ini diterima.

Author Biography

Tinur Rahmawati Harahap, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2018-12-23