THE COMPARATIVE STUDY BETWEEN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) AND COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) METHODS OF STUDENTS’ READING ABILITY ON NARRATIVE TEXT

  • Mahrani Mahrani Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: kemampuan membaca, teks naratif, STAD, CIRC

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil kemampuan membaca teks naratif dengan menggunakan metode Student Teams Achievement Division (STAD) memberikan hasil yang lebih baik daripada metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan pada Tahun Ajaran 2011/2012. Penulis menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan, yang terdiri dari 323 siswa. Dua kelas, yaitu VIII-G dan VIII-I diambil sebagai dua kelompok sampel dengan cluster sampling. Jumlah keseluruhan sampel adalah 64 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan 20 item tes sebagai instrumen. Penulis menggunakan proses statistik dalam menganalisis data, yaitu analisis deskriptif dengan menggunakan rumus "t-test". Setelah menghitung data, ditemukan bahwa hasil kemampuan membaca pada teks naratif yang diajarkan dengan menggunakan metode STAD dikategorikan "baik". Sedangkan kemampuan membaca siswa pada teks naratif yang diajarkan dengan menggunakan metode CIRC dikategorikan “cukup”. Hasil dari data yang dianalisis menunjukkan bahwa 2,00 <3,33> 2, 56 atau to  lebih besar dari tt. Jadi, hipotesis penelitian ini diterima. Artinya, kemampuan membaca siswa pada teks naratif yang diajarkan dengan menggunakan metode Student Achievement Division (STAD) lebih tinggi daripada dengan menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan.

Author Biography

Mahrani Mahrani, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Published
2019-04-05