THE EFFECT OF USING QUANTUM TEACHING IN IMPROVING THE STUDENTS’ SPEAKING SKILLS TO THE ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMANEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN IN 2015-2016 ACADEMIC YEAR

  • Lusi Rosita Tambunan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: pengajaran quantum, kemampuan berbicara

Abstract

 

Penelitian ini diadakan oleh penulis untuk mengetahui apakah adakah efek yang berarti dari penerapan pengajaran kuantum terhadap peningkatan kemampuan berbicara siswa pada siswa kelas sebelas di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan Tahun Aajaran 2015-2016 atau tidak. Jumlah sampel adalah 76 orang siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan kuisioner untuk variabel X dan test, yaitu test lisan dan tulisan untuk variabel Y. Setelah pengumpulan data yang dibutuhkan, langkah selanjutnya yang dilakukan oleh penulis adalah mengidentifikasi seberapa besar peningkatan nilai kemampuan berbicara siswa sebelum dan sesudah penerapan pengajaran kuantum. Langkah terakhir adalah pengujian hipotesa dengan menggunakan analisa statistik yang dalam hal ini menggunakan Korelasi Produk Moment Pearson ( . Hasil data menunjukkan bahwa nilai tengah dari kemampuan berbicara siswa sebelum mereka diajar dengan menggunakan pembelajaran kuantum berada dalam kategori rendah (66.57). setelah menerapkan metode pengajaran kuantum, kemampuan berbicara siswa meningkat menjadi kategori mampu. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai tengah siswa, yaitu 74.73 dan 80.46. Total peningkatan kemampuan berbicara siswa hingga siklus terakhir adalah 20.86%, itu berarti bahwa pengajaran kuantum adalah metode yang baik untuk diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Melalui analisa dari data yang dikumpulkan, telah ditemukan bahwa nilai korelasi atau pengaruh antara kedua variabel adalah 0.77. Itu artinya bahwa ada efek yang berarti antara penerapan metode pengajaran kuantum terhadap peningkatan kemampuan berbicara siswa pada siswa kelas sebelas di SMA Negeri 6 Padangsidimpuan Tahun Aajaran 2015-2016. Dan hipotesa dari penelitian ini diterima.

Author Biography

Lusi Rosita Tambunan, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Mahasiswa Prodi Pendidkan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Published
2016-04-01