DEVELOPING THE STUDENTS’ MASTERY IN USING SUBJECT-VERB AGREMENT THROUGH INDUCTIVE METHOD

  • SEDI SULASTRI SIMATUPANG Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: metode induktif, pemahaman subjek dan kata kerja

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah metode induktif dapat mengembangkan penguasaan siswa dalam menggunakan subjek-verb agrement atau tidak. Dalam penelitian ini, penulis memutuskan untuk mengambil hanya 67 siswa sebagai sampel penelitian ini, di mana mereka dipilih secara acak. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, penulis menggunakan tes tertulis dengan formulir pilihan ganda. Setelah mendapatkan data, langkah selanjutnya yang dilakukan oleh penulis adalah menganalisanya dengan menggunakan analisis statistik. Melalui analisis data, dapat diketahui bahwa persentase kelas yang lulus KKM (75) pada post-test cyle dua adalah 97,01%. Artinya dalam siklus 2 Penelitian Tindakan Kelas (PTK), ada 65 siswa yang lulus KKM dan ada 2 siswa yang nilainya di bawah KKM. Persentase kelas dari posttest 2 menunjukkan peningkatan beberapa siswa dari persentase kelas dalam pretest (17,91%). Peningkatan siswa yang lulus KKM adalah 79,10% (97,01% - 17,91%). Namun, dari persentase ini, PTK telah berhasil. Jadi hipotesis dari penelitian ini yang menyatakan: “Ada peningkatan yang signifikan dari penguasaan siswa dalam menggunakan subjek-verb agrement setelah mereka diajarkan dengan menggunakan metode induktif di kelas tujuh SMP Negeri 3 Padangsidimpuan”, diterima.

Author Biography

SEDI SULASTRI SIMATUPANG, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Mahasiswa Prodi Pendidkan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Published
2019-04-01