THE EFFECT OF USING ANIMATION VIDEO TO THE STUDENT SKILLS IN LISTENING COMPREHENSION OF NARRATIVE TEXT

  • LINDA ROSIANNA R. SIMANJUNTAK Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: video animasi, menyimak, teks naratif

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh video animasi terhadap keterampilan siswa dalam mendengarkan pemahaman teks naratif. Untuk membuat kesimpulan tentang karakteristik suatu populasi, peneliti menggunakan purposive sampling. Pengambilan sampel purposive dapat diterapkan karena ada beberapa alasan khusus pada sampel yang diambil. Peneliti mengambil satu kelas, yaitu XI-IPS 1 sebagai sampel penelitian ini yang terdiri dari 34 siswa. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, penulis menerapkan studi pustaka dan lapangan. Penelitian kepustakaan diterapkan berdasarkan kebutuhan buku tentang kebutuhan data dari lapangan, dalam hal ini dari SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Dan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan kuesioner dan tes tertulis. Setelah mendapatkan data, langkah selanjutnya yang dilakukan oleh penulis adalah menganalisanya dengan menggunakan analisis statistik. Formulasi statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah formulasi produk Moment Correlation (rXY) dari Pearson. Setelah menganalisis data, didapatkan bahwa nilai rXY adalah 0,468. Dengan mengkonsultasikan nilai ini ke tabel interpretasi yang diberikan sebelumnya, diketahui bahwa hal itu dapat dikategorikan baik. Ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan dari video animasi terhadap keterampilan siswa dalam mendengarkan pemahaman teks naratif. Dan hipotesis penelitian ini diterima.

Author Biography

LINDA ROSIANNA R. SIMANJUNTAK, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Mahasiswa Prodi Pendidkan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan