AN ANALYSIS OF THE STUDENTS’ ERRORS IN PRONOUNCING -ED ENDING TO THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN

  • ENDANG LUSIYANTI Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: pengucapan, analisis kesalahan, akhiran -ed

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas delapan SMP Negeri 1 Padangsidimpuan dalam pengucapan akhiran –ed. Dalam penelitian ini penulis menggunakan cluster random sampling, dengan jumlah 62 siswa sebagai sampel penelitian ini. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, penulis menerapkan penelitian lapangan. Penelitian lapangan diterapkan berdasarkan kebutuhan data dari lapangan, dalam hal ini dari SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Dan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data penulis menggunakan tes tertulis. Setelah mendapatkan data, langkah selanjutnya yang dilakukan oleh penulis adalah menganalisanya dengan menggunakan analisis statistik. Untuk teknik analisis data penulis menggunakan teknik analisis deskriptif (persentase). Setelah menganalisis data, diperoleh bahwa rata-rata persentase kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam pengucapan akhiran –ed adalah 19,35%. Persentase kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam pengucapan akhiran –ed  berada di bawah 25,00%. Ini berarti bahwa hipotesis penelitian ini yang menyatakan: "Ada kesalahan yang signifikan yang dibuat oleh siswa kelas sebelas SMP Negeri 1 Padangsidimpuan dalam pengucapan akhiran -ed", ditolak.

Author Biography

ENDANG LUSIYANTI, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Mahasiswa Prodi Pendidkan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Published
2019-04-01