PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SUB POKOK BAHASAN PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DI KELAS IX SMP NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN

  • Anna Laeli SMP Negeri 8 Padangsidimpuan
Keywords: Metode Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, Penelitian Tidakan Kelas

Abstract

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Problem Based Learning (PBL) dalam upaya meningkatkan keaktifan dan respon siswa terhadap bidang studi IPS Ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 yang bertempat di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach) dengan sampel berjumlah 23 siswa kelas IX-1 SMP. Instrumen yang digunakan berupa RPP, lembar observasi, dan tes hasil belajar siswa pada materi Ekonomi yakni Perubahan Sosial dan Budaya, berbentuk uraian sebanyak 5 soal. Pada penelitian ini dilakukan 3 siklus, setiap 1 siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.Hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas belajar siswa mengalami perubahan yang signifikan dengan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 6,57. Pada siklus ke-II terjadi peningkatan pada nilai rata-rata siswa yaitu 7,57. Sedangkan pada siklus ke-III nilai rata-rata siswa menjadi 8,33. Berdasarkan hasil tersebut dapat dibuktikan bahwa penggunaan metode Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi Ekonomi yakni Perubahan Sosial Budaya.

Author Biography

Anna Laeli, SMP Negeri 8 Padangsidimpuan

Guru IPS Ekonomi

Published
2019-03-28