THE EFFECT OF THINK-PAIR-SHARE TO THE STUDENTS’ SPEAKING ABILITY OF SHORT MONOLOG

  • Lenni Maya Sari Hasibuan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Think-Pair-Share, berbicara, monolog pendek

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara Think-Pair-Share terhadap kemampuan berbicara siswa pada monolog pendek atau tidak, dan dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 57 siswa. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan, penulis menerapkan penelitian pustaka dan lapangan. Penelitian pustaka diterapkan berdasarkan kebutuhan buku sebagai sumber teori dan informasi, dan penelitian lapangan diterapkan berdasarkan kebutuhan data dari lapangan, dalam hal ini dari SMP Negeri 2 Padang Bolak. Dan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan kuesioner dan tes tertulis. Setelah mendapatkan data, langkah selanjutnya yang dilakukan oleh penulis adalah menganalisanya dengan menggunakan analisis statistik. Formulasi statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus Pearson's Product Moment Correlation (rXY). Dari analisis data telah diketahui bahwa efek menggunakan Think-Pair-Share terhadap keterampilan berbicara siswa kelas delapan di SMP Negeri 2 Padang Bolak tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini yang menyatakan: "Ada pengaruh yang signifikan antara Think-Pair-Share terhadap kemampuan berbicara siswa pada monolog pendek", diterima.

Author Biography

Lenni Maya Sari Hasibuan, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris

Published
2018-12-28