THE EFFECT OF USING INTERACTIVE READ-ALOUD TECHNIQUE IN IMPROVING THE STUDENTS’ABILITY IN COMPREHENDING RECOUNT TEXT

  • Uci Sinta Mianti Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Rini Kesuma Siregar Univerversitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Parlindungan Parlindungan Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Teknik Interaktif Membaca Nyaring, recount teks

Abstract

Penelitian ini dilakukan oleh penulis untuk mengetahui apakah Teknik Interaktif Membaca Nyaring dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami recount teks atau tidak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan sampel penelitian. Jumlah sampel adalah 66 siswa. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sebagai instrumen pengumpulan data penulis menggunakan tes tertulis. Setelah mengumpulkan data yang diperlukan, langkah selanjutnya yang dilakukan oleh penulis adalah menghitung nilai rata-rata kemampuan siswa dalam memahami membaca recount teks dalam setiap siklus dengan menggunakan rumus Anas Sudijono. Kemudian penulis menghitung persentase siswa yang telah berhasil mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) kemudian mengidentifikasi peningkatan kemampuan siswa dalam memahami skor recount teks sebelum dan sesudah menggunakan Interaktif Teknik Membaca Nyaring. Melalui analisis data, diketahui bahwa persentase kelas yang lulus KKM (75) pada post-test siklus dua adalah 84,85%. Artinya dalam siklus 2 Penelitian Tindakan Kelas (PTK), ada 56 siswa yang lulus KKM dan ada 10 siswa yang nilainya di bawah KKM. Persentase kelas dari posttest 2 menunjukkan peningkatan beberapa siswa dari persentase kelas dalam pretest (9,09%). Peningkatan kemampuan siswa yang lolos KKM adalah 75,76% (84,85% - 9,09%). Namun, dari persentase ini, PTK telah berhasil. Maka hipotesis dari penelitian ini yang menyatakan: "Penggunaan Teknik Interaktif Membaca Nyaring memberikan efek signifikan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami recount teks, diterima.

Author Biographies

Uci Sinta Mianti, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Rini Kesuma Siregar, Univerversitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Parlindungan Parlindungan, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Published
2019-03-28