PENGGUNAAN METODE RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS VIII 1 SMPN 3 PANYABUNGAN

  • Rosni Harahap Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Reciprocal teaching strategy, kemampuan membaca

Abstract

Penelitian  dilaksanakan berdasarkan masalah yang dihadapi siswa dikelas yang diajarkan oleh guru bahasa Inggris yang berfungsi sebagai si peneliti dan berkolaborasi dengan peneliti lainnya. Tujuan yang hendak dicapai dalam peneitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana strategy Reciprocal teaching meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas VII 1 di SMPN 3 Panyabungan. Hasil dari siklus I yaitu nilai siswa mean 64 dan hanya 4 siswa dari 21 siswa yang sukses serta mampu memahami bacaan sesuai metode yang diterapkan .Siswa yang tertinggi hanya mendapatkan nilai 87. Hasil dari siklus ke II yaitu skor mean 70 dan 9 siswa dari 21 siswa sudah berhasil sukses dan mampu memahami bacaan sesuai metode yang diterapkan. Pada siklus II ini siswa rata- rata mendapatkan nilai 60 dan 70. Siswa sudah meningkat dari siklus I walaupun hanya 9 orang dari siswa yang berhasil sukses akan tetapi nilai mereka sudah hampir mendekati nilai standar minimum. Hasil di siklus III ini sangat meningkat dari siklus I dan siklus II. Itu bisa dilihat dari hasil yang diperoleh sangat meningkat signifikan. Hasil nilai siswa mean 79 dan 19 siswa dari 21 siswa sudah berhasil sukses dan mampu memahami bacaan sesuai metode yang diterapkan. Jadi, berdasarkan data yang diperoleh Reciprocal teaching strategy mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa.

Published
2017-04-30