PENINGKATAN LITERASI BAHASA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PAYKEM DALAM KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR

  • Dina Syahfitri Universitas Graha Nusantara
Keywords: Keterampilan Berbicara, Strategi Paykem

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang Peningkatan Literasi Bahasa Dengan Menggunakan Strategi Paikem Dalam Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Angkola Timur Tahun Pelajaran 2022-2023. Dengan pelaksanaan penelitian ini diharapkan akan diketahui bagaimanakah keterampilan berbicara siswa dari aspek mengucapkan bunyi-bunyi dengan jelas, menggunakan intonasi dan tekanan nada yang jelas dan tepat, menggunakan kata atau pilihan kata, berupa kalimat utama, mengemukakan ide-ide. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk menemukan pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang, pada masalah-masalah yang aktual dalam dunia pendidikan, dan alat pengumpul data diambil melalui tes yang ditujukan kepada para siswa. Adapun yang merupakan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Angkola Timur tahun pelajaran 2022-2023 dengan jumlah 48 siswa.Berdasarkan pengolahan dan analisis data maka diperoleh hasil bahwa tingkat keterampilan berbicra siswa kelas X SMK Negeri 1 Angkola Timur tahun pelajaran 2022-2023 adalah terjadi peningkatan, dengan nilai rata-rata kemampuan awal siswa adalah = 68,8. Nilai rata-rata kemampuan siswa menulis surat resmi dari siklus I adalah 73,6 dengan katergori cukup meningkat, nilai rata-rata kemampuan berbicara siswa siklus II adalah 81 dengan kategori meningkat, nilai rata-rata kemampuan berbicara siswa kategori cukup baik. Persentase kategori nilai Peningkatan Literasi Bahasa Dengan Menggunakan Strategi Paikem Dalam Keterampilan Berbicara Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Angkola Timur Tahun Pelajaran 2022-2023 adalah: a) Kategori nilai kondisi awal 68,83, b) kategori nilai siklus I 73,67, dan c) kategori nilai siklus II 81,00.

Author Biography

Dina Syahfitri, Universitas Graha Nusantara

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Published
2024-01-29
Section
Articles