UPAYA MENIKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL DIKELAS V SD NEGERI MBAIT KABUPATEN ASMAT TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022

  • Natalia Tethool SD NEGERI MBAIT KABUPATEN ASMAT
  • Aknes P Rahawarin SD NEGERI MBAIT KABUPATEN ASMAT
  • Amirullah SD NEGERI MBAIT KABUPATEN ASMAT
Keywords: Siswa SD, Hasil Belajar Matematika, Metode Drill.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Rendahnya Hasil Belajar  Matematika siswa kelas V SD Negeri Mbait ". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Matematika dengan penerapan keterampilan Metode Drill pada siswa kelas V SD Negeri Mbait Kabupaten Asmat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Mbait Kabupaten Asmat. sabjek penelitin adalah siswa kelas V dengan jumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan test dan observasi. tes yang digunakan adalah uraian. Hasil belajar siswa pada siklus I  saat diterapkan Metode Drill diperoleh rata – rata 65,0 dengan persentase ketuntasan  80 % setelah guru melakukan refleksi  dan memperbaiki beberapa kekurangan sehingga hasil belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yaitu nilai rata – rata 95,0 dengan prestansi ketuntasan belaja siswa sebesar 100 % jumlah siswa mencapai standar ketuntasan belajar.Maka dari penelitian  yang dilakukan disimpulkan bahwa penerapan metode dril  pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri Mbait Kabupaten Asmat. Tahun Pelajaran 2021 /2022 meningkatkan hasil belajar  siswa. Hal ini berarti bahwa penerapan Metode Drill dapat digunakan sabagai alternatif dalam pembelajaran Matematika.

Published
2021-07-12
Section
Articles