PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS MAHASISWA PADA MATA KULIAH FISIKA TEKNIK

  • Rini Anggraini Pakpahan Universitas Graha Nusantara
Keywords: pembelajaran berbasis masalah, fisika teknik, literasi sains

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Fisika Teknik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen yang didesain dalam model one group pretest posttest design dengan melakukan eksperimen hanya pada satu kelas saja tanpa kelas pembanding. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa program studi Ilmu Komputer Fakultas Teknik yang berjumlah 25 orang. Hasil pretest menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan literasi sains mahasiswa sebesar 63,20 sedangkan hasil posttest menunjukkan nilai rata-rata 71. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan diperoleh thitung sebesar 7,061 sedangkan ttabel pada taraf kepercayaan 95% dengan tingkat kesalahan 5% adalah 1,746 maka thitung lebih besar dari ttabel (7,061 > 1,746). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima atau disetujui, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi sains mahasiswa pada mata kuliah Fisika Teknik.

Author Biography

Rini Anggraini Pakpahan, Universitas Graha Nusantara

Ilmu Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Graha Nusantara 

Published
2023-06-30
Section
Articles