UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME BANGUN RUANG

  • Kholidah Sitanggang STKIP Padang Lawas
Keywords: aktivitas belajar, hasil belajar, metode inkuiri, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan metode pembelajaran inkuiri. Subjek penelitian adalah 41 siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Padang Lawas dan objeknya adalah aktivitas dan hasil belajar matematika siswa pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang dengan menggunakan metode pembelajaran inkuiri. Instrumen dalam penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada pertemuan siklus I di peroleh rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan I sebesar 58,49% dan pertemuan II sebesar 64,19%. Karena rata-rata persentasi aktivitas siswa belum memenuhi kriteria 70% maka dilanjutkan dengan siklus II. Dari siklus II, dari pertemuan I sebesar 74,54% dan pertemuan II sebesar 79,61%.  Sebelum penelitian dilakukan, peneliti melakukan tes awal dimana banyak siswa yang mencapai KKM yaitu hanya 7 dari 41 orang (17,07%). Kemudian peneliti melakukan tindakan yaitu mengajar dengan menerapkan metode pembelajaran inkuiri. Dimana siswa didorong untuk belajar terlibat aktif dengan konsep-konsep dan prinsip-prinsip, guru mendorong siswa untuk melakukan eksperimen melalui Alat peraga yang dipandu oleh Lembar Kerja Siswa (LKS). Sehingga siswa secara langsung dapat menemukan sendiri rumus mencari Luas permukaan dan volume bangun ruang.  Pada siklus I banyak siswa yang mencapai KKM adalah 29 dari 41 siswa (70,73%) dengan rata-rata kelas 67,83. Dan pada siklus II banyak siswa yang mencapai KKM adalah 36 dari 41 siswa (87,80%) dengan rata-rata kelas 76,51. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal yaitu minimal 85% dari jumlah siswa mempunyai daya serap  65%  maka pembelajaran ini telah mencapai target. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas danhasil belajar matematika siswa. Saran yang diajukan yaitu bagi guru matematika yang ingin meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dapat menggunakan metode pembelajaran inkuiri dengan membuat Lembar Aktivitas Siswa (LAS) yang bertujuan untuk melatih dan membimbing siswa dalam menemukan suatu rumus.

Published
2023-07-31
Section
Articles