PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA ERA NEW NORMAL DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 6 KOTANOPAN

  • Fitri Agustina Lubis Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Mutiara Lubis Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Putri Mei Sarah Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Keywords: Strategi Pembelajaran Inkuiri, Penelitian Tindakan Kelas, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Abstract

Adapun masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar biologi siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, pada penelitian ini diterapkan strategi pembelajaran Inkuiri. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk meningkatkan motivasi belajar biologi siswa melalui strategi pembelajaran Inkuiri pada era new normal di kelas XI Madrasah Aliyah Muhammadiyah 6 Kotanopan, 2) untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa melalui strategi pembelajaran Inkuiri pada pokok pembahasan sistem peredaran darah di kelas XI Madrasyah Aliyah Muhammadiyah 6 Kotanopan. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart sebanyak 2 siklus dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MAM 6 Kotanopan yang terdiri dari 14 siswa. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Data motivasi belajar diperoleh dari angket yang diisi oleh siswa setiap akhir siklus sedangkan hasil belajar diperoleh dari hasil tes yag sudah dilakukan oleh siswa. Hasil penelitian dapat dilihat dari angket motivasi belajar siswa pada siklus I dengan nilai persentase 64,28% pada siklus II menjadi 78,57% dengan peningkatan sebesar 14,29%. Hasil belajar biologi siswa juga meningkat, hal ini diperoleh dari persentase 71,43%  siklus I, dan 85,71% pada siklus II meningkat sebesar 14,28%. Berdasarkan hasil penelitian ini,dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi di kelas XI MAM 6 Kotanopan.

Author Biography

Fitri Agustina Lubis , Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2023-07-24
Section
Articles