PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS NASKAH DRAMA KELAS XI SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN UTARA TAHUN AJARAN 2019-2020

  • Dina Syahfitri Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
  • Robiyatul Adawiyah Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: media pembelajaran, film, menulis, drama

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang penggunaan media film pendidikan dalam meningkatkan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA. Permasalahan ini diambil karena guru cenderung tidak memberikan pembelajaran secara maksimal, dan hanya lebih banyak memberikan materi dan tidak memberikan kesempatan bagi siswa lebih banyak memberikan materi dan tidak memberikan kesempatan bagi siswa untuk menuangkan ide dan kreativitasnya dalam menulis naskah drama. Akan tetapi, sampai sekarang belum diketahui bagaimana kualifikasi kemampuan para siswanya. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang kemampuan menulis naskah drama siswa baik itu secara klasikalmaupun individual. Padahal seorang guru seharusnya perlu mengetahui bagaimana kualifikasi kemampuan para siswanya. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang kemampuan menulis naskah drama agar diketahui kualifikasi kemampuan para siswa. Apabila hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis naskah drama para siswa sudah baik, maka perlu dipertahankan dan ditingkatkan agar kemampuan menulis naskah drama siswa semakin naik. Akan tetapi kalau hasil penelitian menunjukkan kurang baik, perlu diberi alternatif teknik pembelajaran yang lebih tetap untuk meningkatkan hasil belajar menulis naskah drama siswa. Penelitian inin bertujuan untuk mengetahui data tentang kemampuan menulis naskah drama para siswa secara klasikal maupun individual. Sampel yang dijadikan pada kegiatan penelitian ini adalah sebanyak 68 siswa atau seluruh populasi dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian adalah tes kemampuan menulis naskah drama yang difokuskan pada aspek: dialog, teks samping, tokoh, alur dan amanat. Untuk mengetahui identifikasi pemerolehan persentase skor penggunaan media film pendidikan dalam menulis naskah drama siswa dipakai rumus . Berdasarkan analisis data penelitian, disimpulkan bahwa kemampuan menulis naskah drama siswa dikategorikan baik sekali. Selanjutnya dari hasil penelitian tersebut penulis memberikan motivasi terhadap para siswa untuk lebih banyak membaca buku dan melihat berbagai macam media agar kemampuan menulis naskah drama siswa lebih baik.

Author Biography

Dina Syahfitri, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen FKIP Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Published
2023-02-16
Section
Articles