UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VIII MTS NURUL KHOSYI’IN TAHUN AJARAN 2021/2022

  • Kanifah Mts Nurul Khosyi’in Gabus Pati
Keywords: hasil belajar, discovery learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model discovery learning di Kelas VIII Mts Nurul Khosyi’in Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 17 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan alam dua siklus masing masing siklus empat kali pertemuan, setiap pertemuan dilakukan pretest atau postest. Rerata hasil tes setiap siklus yaitu, Siklus I tes awal 55,80 siklus II 44,75, tes akhir siklus I 79,75 tes akhir siklus II 75,25. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas siklus pertama dan siklus ke dua, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Published
2022-01-31
Section
Articles