HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA DI SD NEGERI 200223 AEK TAMPANG

  • Fita Delia Gultom Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: hasil belajar bahasa indonesia, pengelolaan kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara dua variabel, yakni variabel pengelolaan kelas dengan variabel hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa SD Negeri 200223 Aek Tampang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 200223 Aek Tampang sebanyak 40 orang. Penetapan sampel dilaksanakan dengan cara total sampling, yaitu seluruh populasi ditetapkan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survey dalam bentuk korelasi. Selanjutnya data penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus “r” Product Moment oleh Pearson. Dari hasil analisis data kedua variabel yang diteliti diketahui bahwa kemampuan pengelolaan kelas di SD Negeri 200223 Aek Tampang tergolong baik yaitu nilai rata-rata yang diperoleh adalah 39.7. Hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia siswa SD Negeri 200223 Aek Tampang berada pada kategori baik, yaitu nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 80,4. Koefisien korelasi antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia adalah 0.399. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian adalah terdapat hubungan yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa SD Negeri 200223 Aek Tampang karena r hitung (rxy) = 0.399 > r tabel (rt) 0.320. Artinya nilai ‘r” hitung lebih besar dari “r” tabel.

Author Biography

Fita Delia Gultom, Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Dosen Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan

Published
2022-10-31
Section
Articles