PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE DISKUSI DI SD NEGERI 100103 KELURAHAN SITINJAK KECAMATAN ANGKOLA BARAT TAHUN AJARAN 2021-2022

  • Elnila Caniago Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan
Keywords: Metode Diskusi, Peningkatan Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SD negeri 100103 merupakan penelitian dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini berjudul Peningkatan hasil belajar bahasa indonesia melalui metode riterasi di SD Negeri 100103 Kelurahan Sitinjak kecamatan Angkla Barat. Ada beberapa tahapan yang dilakukan sebelum melakukan penelitian ini diantaranya melakukan pra tindakan sebelum menggunakan penelitian dengan metode diskusi. Metode yang digunakan dalam melaksanakan penelitian ini adalah dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dari hasil penelitian yang diperoleh setelah melaksanakan penelitian yaitu, pada siklus I dari hasil pengolahan data yang diperoleh terdapat peningkatan 50 % dari seblum melakukan tindakan. Hal ini dilanjutkan ke siklus II dengan hasil peningkatan 60 %. Hasil ini sangat meningkat dari hasil sebelum tindakan dimana hasil yang diperoleh pada siklus II dengan nilai rata-rata 85 yang sudah memenuhi KKM siswa khususnya Mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dari hasil ini, maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode riterasi yang dilakukan dapat meningkatkan hasilĀ  belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Neegeri 100103 kelurahan sitinjak Kecamatan Angkola BaratĀ  Tahun pelajaran 2021-2022.

Published
2019-04-30